Senin, 05 November 2012

LIPUTAN DAN DOKUMENTASI KEGIATAN HERPETOFAUNA BIOPALAS FMIPA USU OLEH DAAI TV


Diskusi.Para tim peliput DAAI tv sedang mendokumentasikan
diskusi beberapa anggota Biopalas dgn Ketua Departemen Biologi
USU serta beberapa komunitas Herpetologer Mania
Medan 1 November 2012, Diawali dengan perkenalan Biopalas FMIPA USU di sekretariat Biopalas Jalan Bioteknologi Unit 7 lantai 2, tim peliput DAAI TV disambut dengan hangat oleh DR. Nursahara Pasaribu M.Sc. selaku ketua departemen Biologi FMIPA USU serta para anggota Biopalas yang sedang berkumpul di sekretariat. Proses peliputan pun dimulai, reporter terlihat semangat ketika proses wawancara berlangsung yang dimulai dengan  penjelasan pertanyaan dari reporter kepada Bu Nursahara mengenai sejarah berdirinya Biopalas, pendapat dan dukungan yang diberikan Departemen Biologi FMIPA USU kepada Biopalas, serta diskusi-diskusi singkat dengan anggota biopalas mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah pernah dilakukan dan prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh Biopalas. Dan salah satu dari semua kegiatan yang pernah dilakukan oleh Biopalas ternyata kegiatan Herpet-lah yang paling menarik perhatian tim peliput DAAI TV sehingga muncul keinginan mereka untuk meliput kegiatan Biopalas ini langsung dilapangan.

     Persiapan pun dimulai, Biopalas mempersiapkan beberapa orang untuk berangkat kelapangan mengingat tidak semua anggota yang ikut karena masih dalam jadwal ujian tengah semester. Setelah persiapan selesai tim Biopalas dan tim peliput pun saling berpamitan dengan bu Nursahara serta anggota Biopalas yang lain dan bergegas meninggalkan sekretariat Biopalas menuju sekretariat KFAL untuk bertemu beberapa fotografer yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan herpet ini.

     Tiba di sekretariat KFAL, tim Biopalas dan tim DAAI TV bertemu dengan beberapa fotografer yang akan ikut, dengan sedikit persipan tambahan seluruh tim pun berangkat. Setibanya di lapangan ternyata seluruh tim disambut dengan cuaca hujan begitu sehingga seluruh tim harus terpaksa menunggu hingga cuaca membaik. Sekitar dua jam menunggu hujan menyisakan rintikan-rintikan kecil, dengan semangat yang tinggi tim memulai pencarian menembus titik-titik air yang jatuh dari langit. Hingga pada akhirnya dengan kondisi medan yang buruk menghentikan perjalanan kami. Hanya 7 jenis amfibi yang di dapat (Rana kampeni, Rana hosii, Rana chalconotaRana debusyiiVejervarya cancrivora, Limnonectes blythii, dan Bufo melanostictus), sedangkan untuk reptil sendiri kami kurang beruntung, karena sama sekali tidak ada jenis reptil yang kami jumpai selama pengamatan di lapangan.
Fokus. Kameraman DAAI TV sedang fokus merekam aktivitas Biopalas FMIPA
 USU dan KFAL yang sedang mengamati dan memfoto salah satu jenis amfibi
yang bertengger di pipa pengaliran air.

         Walaupun tergolong sedikit paling tidak kegiatan herping ini sangat diapresiasi oleh para tim peliput DAAI TV serta para fotografer KFAL, banyak memang kalangan mahasiswa pecinta alam yang terjun ke alam dengan berbagai kegiatan mereka seperti rafting, rafling, camping, tapi tidak banyak yang menghasilkan data ekologi yang yang mampu mendukung upaya konservasi seperti yang dilakukan oleh Biopalas FMIPA USU kata salah seorang fotografer KFAL. Selain itu Akhmad Junaedi Siregar yang merupakan ALB Biopalas sekaligus salah satu pendiri komunitas Herpetologi Mania mengatakan bahwa kegiatan herping ini diharapkan terus berlangsung secara rutin untuk melengkapi data-data amfibi dan reptil di wilayah Sumatera Utara.
Bertengger. Kongkang macan (Rana kampeni) salah
satu jenis amfibi yang ditemukan terlihat sedang
bertenggerdi batang pohon yang sudah mati


Salam Hijau Biru.....!!!!
Juhardi Sembiring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar