Kamis, 08 Maret 2012

Pelatihan Calon Relawan Biopalas





Salam Hijau Biru…,,!!!

Kamis, 23 Februari 2012 (08.00 WIB) diawali dengan ujian tertulis, para calon relawan begitu semangat mengerjakan soal-soal yang diberikan panitia berkaitan tentang tiga hari pelatihan ruangan seolah menghangatkan suasana di pagi itu yang begitu dingin. Menit ke menit semakin berlalu dan satu jam yang diberikan panitia seolah tidak terasa bagi calon relawan dalam mengerjakan soal,. Ujian tertulis pun selesai dilaksanakan sembari menunggu kuliah yang tidak ingin ditinggalkan sebelum berangkat pelatihan lapangan para calon relawan begitu asyik mempersiapkan seluruh perlengkapan mereka di dalam sebuah tas carrier.

Selesai kuliah sekitar pukul 13.30 para calon pejuang Biopalas ini sedikit mendapat arahan dari beberapa Anggota Luar Biasa yang baru (B’ Nchay, B’ Jay, B’ Jupe, K’ Micel, K’Desy, serta K’ Aini) para eks anggota biasa ini memberikan arahan berupa motivasi dan semangat selama pelatihan dilapangan nanti. Hingga pada akhirnya waktu bertempur itu tiba 15 calon prajurit Biopalas di dampingi sekitar 13 anggota biasa Biopalas (merangkap sebagai panitia pelatihan) berangkat dari medan menuju bukit lawang, diiringi hujan yang begitu deras dan kemacetan jalan yang begitu panjang tidak mengurangi semangat para calon relawan untuk mengikuti pelatihan, berangkat sekitar pukul 15.00 WIB dan tiba sekitar pukul 18.15 WIB di lokasi camp pertama.

Langit mulai gelap dan angin sedikit kencang mengawali persiapan calon relawan membangun bivak dan membuat makan malam mereka, kegiatan berikutnya disusul dengan herfetofauna di sekitar areal camp dan ditutup dengan istirahat. Keesokan paginya (08.00) setelah sarapan dan packing bivak, perjalanan dilanjutkan menuju lokasi berikutnya (areal sungai landak) sembari melakukan pengamatan aves selama perjalanan. Sekitar pukul 11.00 kami tiba di lokasi berikutnya menutup pengamatan aves selama perjalanan serta memulai persiapan para calon relawan membangun tempat istirahat mereka, Selanjutnya beberapa materi dan kegiatan-kegiatan panitia menghujani para cawan selama satu harian (analisis vegetasi, pengenalan ekosistem perairan, Uji kekompakan, Herfetologi dll) Para cawan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang diberikan panitia hingga terangnya bintang serta hembusan angin dini hari yang kencang menutup kegiatan pelatihan di hari itu.

Pagi harinya persiapan pulang dimulai pukul 08.00, dan persentase kegiatan selama pelatihan lapangan dari calon relawan menutup seluruh kegiatan pelatihan. Dengan rasa percaya diri masing-masing kelompok memaparkan kegiatan, terlihat seperti menikmati mereka pun saling bertukar pikiran dengan kelompok yang lainnya. Sungguh kegiatan yang sangat menarik dan menantang menurut salah satu calon relawan.

Salam Hijau Biru...!!!

Juhardi Sembiring

Biopalas USU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar