Kamis, 10 Februari 2011

Mengapa Harus Kreativ dan Berwawasan??



Ide kreativ adalah suatu gagasan yang sangat bernilai tinggi dan bermanfaat. Ada banyak hal yang mendukung kreativitas seseorang. Salah satunya adalah wawasan dan juga pengalaman. Wawasan yang luas akan mengembangkan pola pikir seseorang dan mampu menanggulangi suatu permasalahan dengan solusi yang terbaik.

Dalam mengembangkan wawasan tidaklah membutuhkan biaya yang besar ataupun menguras waktu yang sia-sia. Awal dari timbulnya wawasan adalah karena adanya rasa ingin tahu sehingga akan melahirkan sikap yang aktif dalam suatu kegiatan dan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi inilah yang akan terus dikembangkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Sebagai seorang mahasiswa sebaiknya berperilaku yang kreativ dan berwawasan. Kita harus peka terhadap permasalahan yang timbul di tengah-tengah masyarakat, sebisa mungkin kita mengabdi dan memberikan yang terbaik atas pengetahuan yang kita miliki untuk masyarakat. Di kampus USU sendiri sangat mendukung dan juga menampung segala ide-ide kreativ mahasiswa. Ada banyak program yang disediakan untuk memotivasi mahasiswa menyampaikan idenya. Program tersebut adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yang dibagi menjadi:

1.PKM Penelitian (PKM-P) dilaksanakan pada bulan Agustus
2.PKM Kewirausahaan (PKM-K) dilaksanakan pada bulan Agustus
3.PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) dilaksanakan pada bulan Agustus
4.PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) dilaksanakan pada bulan Agustus
5.PKM Karya Tulis dilaksanakan pada bulan Februari
-PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI)
-PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT)

1. PKM Penelitian
Merupakan program penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara dua atau lebih faktor, menguji cobakan suatu bentuk atau peralatan, merumuskan metode pembelajaran, melakukan inventarisasi sumber daya, memodifikasi produk, dll.

2. PKM Kewirausahaan
Merupakan program pengembangan ketrampilan dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar.

3. PKM Pengabdian Kepada Masyarakat
Merupakan program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun ketrampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, dll.

4. PKM Teknologi
Merupakan program bantuan teknologi peralatan atau proses produksi atau manajemen status usaha berskala mikro atau kecil (industri rumahan) sesuai kebutuhan.

5. PKM Karya Tulis
Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa atau gagasan kelompok mahasiswa dalam pendidikan, penelitian, atau pengabdian, dan merupakan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistik.

Dengan adanya program seperti ini, mengapa kita tidak memanfaatkan peluang ini?? Tidak ada kata terlambat untuk belajar, berwawasan, dan menyalurkan ide yang kreativ. Untuk dapat mengikuti program ini, kita harus membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 orang dan terdiri dari minimal dua stambuk.

Untuk itu, kepada rekan-rekan BIOPALAS agar mau turut serta dalam program ini. Secepatnya membuat proposal usaha maupun kegiatan yang kreativ. Kapan lagi kita mulai mengembangkan studi lingkungan hidup, terkhususnya bagi relawan yang baru. Info lebih lanjut dan berbagi cerita, segera temui saya ataupun saudari Aini di sekitar unit 3. Atau juga dapat mengakses website: www.dikti.kemendiknas.go.id

Kadiv. Logistik
Jupentus Silaban
NAB: KK-VII/151298089

Tidak ada komentar:

Posting Komentar