Jumat, 03 Juni 2011

Warna Warni Bumi , “Ayo ! , Buat Bumi kita Tersenyum”,


Dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2001, beberapa LSM seperti COME (Concervation Mentality) dan Pohon Inspirasi mengadakan sebuah event pada hari Sabtu 23 April 2011 di Taman KONI jalan Gajah Mada Medan, event ini berjudul Warna Warni Bumi , acara ini mengusung tema “Ayo ! , Buat Bumi kita Tersenyum”, dimana melalui tema ini diharapkan acara nantinya dapat digunakan sebagai bahan edukasi terhadap anak-anak usia dini tentang pentingnya menjaga bumi dari kerusakan.
Acara ini mengadakan beberapa kegiatan yang ditujukan kepada anak-anak TK dari beberapa TK yang ada di Medan yang ikut berpartisipasi, beberapa kegiatan itu meliputi pawai siswa TK dengan kostum dan aksi lingkungan beraneka tema seperti hemat energi, peduli sampah, Hemat air, energi alternatif dan lainnya. Karnaval ini akan dilakukan di jalanan dengan panjang rute sekitar 1.5 km, lomba memilah sampah organik dan anorganik, lomba menyusun puzzle, lomba mewarnai berbahan alam serta kegiatan menanam pohon.
Acara yang dimeriahkan dengan pameran dari beberapa MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) yang juga dibuka untuk pengunjung umum yang ingin ikut serta menyaksikan pameran, seperti mapala UMA, Parental-USU, Genetika-UISU dan yang terakhir adalah BIOPALAS-USU (Biologi Pecinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup) yang bekerja sama dengan SRI (Sumatera Rainforest Institute). Dalam pameran ini BIOPALAS menampilkan poster-poster dan foto-foto bertemakan lingkungan, beberapa awetan fauna seperti Megophrys nasuta (katak bertanduk), Rana hosii (Kongkang racun), Pteropus vampyrus (Kalong), Cuora sp (kura-kura), Achypleus gigas (belangkas), inventarisasi serangga dan lain-lain. Sedangkan SRI juga menampilkan beberapa foto-foto mengenai konservasi lingkungan, games menyusun puzzle fauna dimana peserta yang berpartisipasi akan diberikan pin gratis, serta penjualan beberapa aksesoris bertemakan lingkungan seperti pembatas buku, kartu pos, puzzle mini, dan t-shirt. Melalui pameran yang ditampilkan BIOPALAS dan SRI ini diharapkan nantinya dapat bernilai edukasi terhadap para pengunjung khususnya buat adik-adik TK yang hadir untuk lebih mengenal keunikan dan keindahan fauna yang ada di bumi ini dan menanamkan jiwa konservasi untuk lebih menjaga dan menyelamatkan bumi.

Salam Hijau Biru.!!
Juhardi Sembiring
Relawan BIOPALAS

1 komentar: