Rabu, 10 Juli 2013


SURVEI HERPETOLOFAUNA

Pada tanggal 27-30 Juni 2013 Herpetologer Mania bersama Biopalas Kembali melakukan survey Herpetofauna disekitar kawasan desa cinta rakyat dan Kuta Gugung, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Survei sendiri terdiri dari 2 sungai, sungai Lawu Latang dan sungai Lawu Kuala. Dari survey yang dilakukan diperoleh 17 jenis Amfibi dan Raptil, diantaranya Huia sumaterana, Nictisalus pictus, Rana hossi dan Tripodolaemus wagleri.


Aktivitas survei herpetofauna 

Tim survey dari kegiatan ini sendiri terdiri dari, Boy Sandi, Zulfan Ari, Siska Handayani (Biopalas), Darmawan Saputra (Kompas USU), Desy Hikmatullah dan Chairunas A Putra (Herpetologer Mania/ALB Biopalas). Dari hasil survey ini report, cerita perjalanan serta Artikel akan ditulis di News Herpetologer Edisi Ke 3, yang akan segera terbit.



Dalam Survei ini tim Biopalas juga melihat kawasan wisata yang terdapat di daerah ini, kelain survei keanekaragaman satwa khususnya Amfibi dan Raptil. Potensi wisata yang terdapat didesa cinta rakyat
adalah adanya Air Terjun Sampuran Putih dan pemandian air panas yang terdapat didesa kuta gugung. Untuk kondisi air di sungai Lawu Latang, desa Cinta Rakyat masih sangat bersih ini dilihat dari keanekaragaman amphibi yang ada.  Di desa kuta gugung sendiri sungai Lawu Kuala. Terdapat banyak mata air panas disepanjang aliran sungai tentunya sangat cocok sebagai lokasi pemandian dikala suhu dingin. Dari survei ini banyak hal yang dapat digali selain potensi satwa yang ada dan unik tentunya adanya wilayah-wilayah wisata yang dapat dimanfaatkan dan patut untuk dikunjungi.


                                                          Air Terjun Sampuran Putih

Sala Hijau Biru. . !
Lestari . . !
By: Boy Sandi
Pic: Chairunas A Putra
      

1 komentar: